ZAINATUL, FIRDAUSIAH (2020) HUBUNGAN ANTARA PERAN GURU DAN SIKAP ANAK DENGAN PELAKSANAAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT (Studi di SDN Kebun 01 Kamal). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.
Text
(5). 16142010044-2020-ABSTRAK-IN.pdf Download (276kB) |
Abstract
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa hubungan peran guru dan sikap anak dengan pelaksanaan hidup bersih dan sehat. Metode penelitan ini bersifat analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen adalah peran guru sikap anak sedangkan variabel dependen adalah pelaksanaan PHBS. Jumlah populasi 78 responden, jumlah sampel 65 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode simpel random sampling, instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik yang digunakan yaitu Spearman rank dengan nilai kemaknaan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru kurang (43,1%), sikap anak kurang (46,2%), dan pelaksanaan hidup bersih dan sehat kurang (44,6%). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai p value (0,00) < α (0,05) hal ini menunjukkan adanya hubungan antara peran guru dengan pelaksanaan hidup bersih dan sehat dan menunjukkan adanya hubungan sikap anak dengan pelaksanaan hidup bersih dan sehat Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi tentang hubungan peran guru dan sikap anak dengan pelaksanaan hidup bersih dan sehat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Sikap Anak, Pelaksanaan Hidup Bersih dan Sehat |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Dhany Fertri Elysia |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 04:02 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 04:02 |
URI: | https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/620 |
Actions (login required)
View Item |