Sahri, Husairi (2020) HUBUNGAN MEROKOK DENGAN KUALITAS TIDUR PADA SISWA REMAJA SMK KESEHATAN AL-IBROHIMI (Study Di SMK Kesehatan Al-Ibrohimi Kecamatan Konang Kabupaten Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.
Text
5. 16142010037-2020-abstrak bhs indo.pdf Download (169kB) |
Abstract
Merokok berisiko tinggi untuk terkenanya gangguan kualitas tidur yang dikenal dengan nama Sleep Apnea. Penyebab utama yang terjadi pada gangguan kualitas tidur adalah salah satu kandungan rokok yang disebut dengan nikotin merupakan suatu stimulan yang secara alami akan merampas kualiatas tidur terutama jika merokok sebelum tidur. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan merokok dengan kualitas tidur pada siswa remaja SMK Kesehatan Al-Ibrohimi. Metode penelitan ini bersifat survey analitik dengan pendekatan cross sectional denganvariabel independensosial perokok, sedangkan variabel dependennya menggunakan kualitas tidur. Jumlah populasinya 40 responden, jumlah sampelnya 38 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling instrumen yang digunakan adalah google from. Uji statistik yang digunakan yaitu Spearman rank dengan nilai kemaknaan α 0,05. Penelitian ini telah dilakukan uji kelayakan Etik oleh KEPK STIKes Ngudia Husada MaduraNO ;691/KEPK/STIKES-NHM/EC/VIII/2020. Hasil uji statistik menggunakan Spearmen Rank menunjukkan nilai ρ =0,006 <α= 0,05, sehingga H1 diterima, artinya ada Hubungan antara merokok dengan kualitas tidur pada siswa remaja SMK Kesehatan Al-Ibrohimi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi tentang hubungan merokok dengan kualitas tidur pada siswa remaja di SMK Kesehatan Al-Ibrohimi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Merokok, Kualitas Tidur, Remaja |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Dhany Fertri Elysia |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 02:53 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 02:53 |
URI: | https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/642 |
Actions (login required)
View Item |