PERSEPSI TENTANG COVID-19 PADA PENGUNJUNG PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK

Wulandari, Siti Asia (2021) PERSEPSI TENTANG COVID-19 PADA PENGUNJUNG PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK. Undergraduate thesis, Stikes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 20153020046-2021-MANUSKRIP.pdf] Text
20153020046-2021-MANUSKRIP.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 20153020046-2021-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf] Text
20153020046-2021-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Persepsi masyarakat tentang covid 19 sangatlah beragam, baik persepsi negatif maupun positif. Berdasarkan hasil survei awal pendahuluan yang dilakukan di BPM Jariyah Amd,. Keb pada bulan Januari didapatkan 70% dari pengunjung pelayanan KIA memiliki persepsi yang salah tentang covid seperti corona sudah hilang, corona hanya berita yang dibuat-buat, tidak akan tertular, hanya penyakit biasa, tidak mematikan, merasa sudah kebal, dan corona akan selesai dengan sendirinya.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi tentang covid-19 pada pengunjung pelayanan kesehatan ibu dan anak. Metode penelitian menggunakanan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini variabelnya adalah persepsi tentang patogenesiscovid-19, tingkat bahaya, cara pencegahan, dan cara penanganan covid-19.Pengambilan sampel dengan accidental samplingdidapatkan jumlah estimasi pengunjung pelayanan KIA dalam 2 bulansebanyak 60 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Kuesioner. Berdasarkan hasil penelitianmenunjukkan persepsi pengunjung pelayanan KIA memiliki persepsi yang baik tentang patogenesis covid-19 sebanyak 63 pengunjung (67%), bahaya covid-19 sebanyak 72 pengunjung (77%) dan cara penanganan covid-19 sebanyak 52 pengunjung (55%). Sedangkan persepsi pengunjung untuk cara pencegahan covid-19 sebanyak 50 pengunjung (53%) memiliki persepsi yang buruk. Peran tenagakesehatan, khususnyabidansangat penting untuk bisa memberikan informasi dan edukasi terhadap pengunjung pelayanan tentang patogenesis, bahaya, cara pencegahan, dan penanganan covid-19 dengan mengadakan penyuluhan kepada masyarakat tentang covid-19. Serta pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa pandemi seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan selalu berpikir positif untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, pengujung pelayanan KIA, Covid-19
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: D4 Kebidanan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:32
Last Modified: 04 Oct 2021 01:32
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item View Item