HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN ACADEMIC BURNOUT SYNDROME PADA MAHASISWA STIKES NGUDIA HUSADA MADURA DALAM PERKULIAHAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

Niam, Khozainun (2021) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN ACADEMIC BURNOUT SYNDROME PADA MAHASISWA STIKES NGUDIA HUSADA MADURA DALAM PERKULIAHAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Stikes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 17142010071-2021-MANUSKRIP.pdf] Text
17142010071-2021-MANUSKRIP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 17142010071-2021-MANUSKRIP-HASIL TURNITIN.pdf] Text
17142010071-2021-MANUSKRIP-HASIL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Academic burnout syndrome adalah suatu kondisi reaksi emosi negative yang terjadi ketika individu mengalami stres yang berkepanjangan. Selama pandemi COVID-19 proses pembelajaran dilakukan dirumah secara daring yang berdampak pada kebosanan mahasiswa atau disebut juga academic burnout syndrome. Pada Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara academic burnout syndrome terhadap pembelajaran daring selama pandemic pada mahasiswa STIKes Ngudia Husada Madura. Penelitian ini menggunakan survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan variabel independen adalah tingkat stres sedangkan variabel dependen academic burnout syndrome. Jumlah populasi sebanyak 127 mahasiswa keperawatan angkatan 2017 STIKes Ngudia Husada Madura yang melakukan pembelajaran daring dengan jumlah sampel 98 mahasiswa menggunakan teknik porportionate strafied random sampling. Didapatkan mahasiswa keperawatan Angkatan 2017 mengalami stres parah dengan academic burnout syndrome tinggi sebanyak 44 mahasiswa atau (44,9%). berdasarkan uji statistik Spearman Rank Correlation didapatkan hasil P Value: 0.000<α: 0,05 dengan nilai korelasi sebesar 0.787 sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan antara Tingkat stres dengan Academic Burnout Syndrome pada mahasiswa STIKES Ngudia Husada Madura dalam Perkuliahan Daring Selama Pandemi COVID-19. Pada penelitian ini stres lebih cenderung rentan dialami mahasiswa perempuan, akan tetapi laki-laki lebih rentan mengalami academic burnout syndrome. Diharapkan dari hasil penelitian ini institusi dapat memberikan metode pembelajaran yang lebih bervariatif dalam pembelajaran daring. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat menggunakan startegi untuk mengatasi stres selama perkuliahan daring agar tidak berdampak pada academic burnout syndrome.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pandemi, Pembelajaran Daring, Stres, Academic Burnout Syndrome
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:28
Last Modified: 01 Oct 2021 02:28
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item