TINJAUAN KEPUASAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN MENGGUNAKAN ANJUNGAN DAFTAR MANDIRI DI RSUD SYARIFAH AMBAMI RATO EBU BANGKALAN

Izah, Nikmatul (2023) TINJAUAN KEPUASAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN MENGGUNAKAN ANJUNGAN DAFTAR MANDIRI DI RSUD SYARIFAH AMBAMI RATO EBU BANGKALAN. Diploma thesis, STIKES NGUDIA HUSADA MADURA.

[thumbnail of 20134620025-2023-MANUSKRIP.pdf] Text
20134620025-2023-MANUSKRIP.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 20134620025-2023-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf] Text
20134620025-2023-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf

Download (12MB)

Abstract

RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan ini menerapkan pendaftaran elektronik dengan mengggunakan mesin ADM untuk pasien rawat jalan namun terdapat beberapa kendala pada mesin ADM seperti pasien terkadang lupauntukmembawaKIB,danterjadinyaerrorpadajaringan,terkadangmesinmenolak penginputan data jadi harus diulang beberapa kali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kepuasan pasien pendaftaran berdasarkan lima dimensi kepuasan yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible. Metode penelitian ini dengan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang mendaftar melalui ADM, Sampel yang diambil sebanyak 99 pasien. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian kepuasan pasien ini yang diambil dari 99 responden dilihat berdasarkan dari 5 dimensi kepuasan yaitu1). Assurance ragu-ragu 6%, setuju 88% dan sangat setuju 5%. 2). Reliability ragu-ragu 61%, setuju 31%, sangat setuju 7%. 3). Responsiveness ragu-ragu 11%, setuju 85%, sangat setuju 5%. 4). Tangible ragu-ragu 35%, setuju 58%, sangat setuju 6%. 5). Empathy ragu-ragu 79%, setuju 20%, sangat setuju 5%. Kepuasan pasien dapat tercipta apabila pasien mendapatkan pelayanan yang baik oleh petugas. Petugas bisa berkomunikasi baik dengan pasien, bisa berpenampilan rapi, bersih, sopan dan bisa melayani pasien dengan tepat dan memuaskan, prosedur mudah dilaksanakan, pasien merasakan aman dan nyaman, petugas tidak membedakan pasien, serta ramah dan sabar dalam membantu pasien saat pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Anjungan Daftar Mandiri
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:42
Last Modified: 17 Sep 2024 03:42
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1522

Actions (login required)

View Item View Item