GAMBARAN METODE PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNCATION SYSTEM) TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI ANAK AUTISME

Adelia, Tri Yuliandita (2020) GAMBARAN METODE PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNCATION SYSTEM) TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI ANAK AUTISME. Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 5.16142010002-2020-ABSTRAK INDONESIA.pdf] Text
5.16142010002-2020-ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Anak autisme merupakan anak yang mengalami tiga permasalahan yang merupakan karakteristik anak autisme diantaranya adalah komunikasi dan bahasa. Beberapa terapi digunakan untuk menangani gangguan komunikasi anak autisme diantaranya adalah metode PECS dan terapi musik klasik. Metode PECS merupakan suatu metode yang dikembangkan untuk mengajarkan bagaimana menggunakan kemampuan komunikasi fungsional pada anak dengan gangguan autisme, begitupun dengan terapi musik merupakan alat ampuh untuk mengembangkan kepekaan suara dan mendongkrak kemampuan bahasa anak. Tujuan: untuk mengetahui gambaran metode PECS dan terapi musik klasik terhadap peningkatan komunikasi anak autisme. Metode: pencarian artikel menggunakan PubMed dan google scholar untuk menemukan artikel yang sesuai dengan kriteria kemudian dilakukan review dengan memasukkan kata kunci “metode PECS”, “terapi musik klasik”, dan “ komunikasi autisme” ditemukan 10 artikel. Hasil: dari 5 jurnal menunjukkan bahwa ada pengaruh metode PECS terhadap peningkatan komunikasi anak autisme, begitu juga ditemukan 5 jurnal yang menunjukkan bahwa ada pengaruh terapi musik klasik terhadap peningkatan komunikasi anak autisme. Diskusi: metode PECS akan merangsang otak kemudian diterima oleh lobus frontal, akan meningkatkan ingatan visual anak autisme lalu kemampuan komunikasi anak meningkat. Begitupun dengan terapi musik klasik, musik masuk melalui reseptor saraf sensori telinga selanjutnya melalui saraf koklearis menuju ke otak diterima oleh lobus frontal mendongkrak kemampuan bahasa anak maka kemampuan komunikasi anak autisme meningkat. Kesimpulan: ada pengaruh metode PECS dan terapi musik klasik terhadap peningkatan komunikasi anak autisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode PECS, terapi musik klasik, komunikasi autisme
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:53
Last Modified: 11 Sep 2020 02:53
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item