PENGARUH TERAPI EMOSIONAL STORYTELLING DENGAN METODE FLANNEL GRAF TERHADAP KEMANDIRIAN ACTIVITY DAILY LIVING PADA ANAK RETARDASI MENTAL

Bella Listiya, Eka Putri (2020) PENGARUH TERAPI EMOSIONAL STORYTELLING DENGAN METODE FLANNEL GRAF TERHADAP KEMANDIRIAN ACTIVITY DAILY LIVING PADA ANAK RETARDASI MENTAL. Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 5. 16142010008-2020-abstrak indo.pdf] Text
5. 16142010008-2020-abstrak indo.pdf

Download (92kB)

Abstract

Retardasi mental suatu keadaan dengan intelegensi yang kurang (subnormal) sejak masa perkembangan. Terdapat perkembangan mental yang kurang secara keseluruhan, tetapi gejala utama ialah intelegensi yang terbelakang. Anak retardasi mental cenderung mengalami masalah kemandirian activity daily living. Tujuan penelitian ini menganalisa pengaruh terapi emosional storytelling dengan metode flannel graf terhadap kemandirian activity daily living pada anak retardasi mental di SLB Keleyan Bangkalan dan SLB Kamal Bangkalan. Desain penelitian menggunakan Quasy Eksperiment Desain dengan pendekatan pretest post-test Group Design. Jumlah sampel yang diambil yaitu 11 anak retardasi mental di SLB se Kabupaten Bangkalan dengan ketidakmampuan melakukan activity daily living. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik Purposive sampling, instrument ini mengunakan observasi dan kuesioner. Uji statistik menggunakan uji Paired T Test dan Mann whitney. Hasil penelitian setelah diberikan intervensi pada kelompok perlakuan dan kontrol didapatkan hasil uji Paired T Test p-value 0,009 (p <0,05). Dan hasil uji Mann Whitney p-value 0,018 (p <0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pada kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol sesudah diberikan intervensi terhadap peningkatan activity daily living anak retardasi mental di SLB se Kabupaten Bangkalan Diharapkan hasil penelitian dapat menjadi informasi untuk perkembangan ilmu kesehatan khususnya keperawatan jiwa dalam meningkatkan ketidak mampuan melakukan activity daily living pada anak retardasi mental. Serta dilakukannya terapi emosional storytelling dengan metode flannel graf sebagai aplikasi untuk meningkatkan activity daily living pada anak retardasi mental.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Activity Daily Living, anak Retardasi Mental
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:33
Last Modified: 14 Sep 2020 07:33
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item