PENGARUH MENGGOSOK GIGI DENGAN METODE BASS TERHADAP KEBERSIHAN GIGI PADA ANAK SEKOLAH LITERATURE REVIEW

TRI SETYA, RAMDANI (2020) PENGARUH MENGGOSOK GIGI DENGAN METODE BASS TERHADAP KEBERSIHAN GIGI PADA ANAK SEKOLAH LITERATURE REVIEW. Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 16142010085-2020-ABSTRAK-IN.pdf] Text
16142010085-2020-ABSTRAK-IN.pdf

Download (84kB)

Abstract

Kesehatan gigi merupakan bagian dari alat pengunyahan pada sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Masalah utama kesehatan gigi dan mulut pada anak ialah karies gigi. Tujuan literature review ini untuk mengetahui pengaruh menggosok gigi dengan metode Bass terhadap kebersihan gigi pada anak sekolah. Metode: literature review dengan menganalisis artikel yang meliputi variabel menggosok gigi dengan metode Bass dan kebersihan gigi. Seleksi literature review menggunakan kategori inklusi dan eksklusi serta dengan memperhatikan keterkaitan antar keyword. Adapun artikel yang digunakan pada literature review ini adalah artikel yang didapatkan dengan menggunakan 3 data base Pubmed, Google Scholar dan Science Direct dengan memasukkan kata kunci “menggosok gigi dengan metode Bass” dan “kebersihan gigi”. Hasil: dari sepuluh artikel terbagi menjadi 2 tema besar yaitu menggosok gigi metode Bass dan kebersihan gigi (7 studi; 3 nasional, 4 internasional). Menggosok gigi dengan metode Bass terbukti signifikan mampu membersihan kebersihan gigi dari debris dan calculus pada gigi anak sekolah. Diskusi: Menggosok gigi mampu memberikan dampak positif terhadap kebersihan gigi pada anak sekolah. Diharapkan menggosok gigi dengan metode Bass dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan kebersihan gigi pada anak sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menggosok gigi metode Bass, Kebersihan Gigi, Anak sekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:01
Last Modified: 26 Oct 2020 03:01
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item